Selasa, 25 November 2008

HAKIKAT PENDERITAAN DAN KENIKMATAN

HAKIKAT PENDERITAAN DAN KENIKMATAN

Hakikat Penderitaan Muslim meriwayatkan hadits dari Rasulullah Shallallahu Alaihis Sallam yang bersabda,

“Pada Hari Kiamat penghuni neraka, yang dulunya penghuni dunia yang paling enak hidupnya didatangkan, lalu dicelupkan sekali saja ke neraka. Pernah merasakan kenikmatan?’ Orang tersebut menjawab, ‘Tidak, demi Allah, wahai Tuhanku.’ Penghuni surga, yang dulunya penghuni dunia yang paling menderita didatangkan, lalu dicelupkan sekali saja ke surga. Dikatakan kepadanya, ‘Hai anak Adam, apakah engkau pernah melihat kesengsaraan?’ Orang itu menjawab, ‘Tidak, demi Allah. Aku tidak pernah merasakan penderitaan dan melihat kesengsaraan sebelum ini’.” (Diriwayatkan Muslim).

Manusia Paling Menderita
Di dunia ini, terkadang kita lihat orang Mukmin hidup sengsara, miskin, disiksa, diusir, dan ditindas bangsanya sendiri, hanya karena ia mengatakan laa ilaaha illallah muhammad rasulullah (Tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah dan Muhammad itu utusan Allah), menolak sujud dan ruku’ kepada selain Allah Ta’ala, serta enggan memberikan salah satu nama atau sifat-Nya kepada selain Dia. Kelak, ia menghuni surga dan didatangi pada Hari Kiamat, lalu dicelupkan di surga. Setelah itu, ia ditanya, “Apakah engkau pernah mengalami penderitaan sebelum ini?”

Kendati melihat berbagai penderitaan selama hidupnya dan mengalami penderitaan panjang semasa diuji, orang Mukmin bersumpah dengan nama Allah Ta’ala pada hari itu. ia yang bukan tipe pembohong semasa hidup di dunia, apakah Anda lihat dia berbohong pada hari mencekam itu?

Tidak ada komentar: